Sejarah Indonesia merdeka kuno rangkuman, gambar peta, pdf, sebelum merdeka



Sejarah Indonesia - Ringkasan Sejarah Indonesia kuno

Sudahkah anda membaca atau mendengar tentang sejarah Indonesia? Jika tidak, maka Anda berada di tempat yang tepat, di sini kami menyediakan semua rincian tentang Sejarah Indonesia yang perlu Anda ketahui. Di bawah ini kami menyediakan pdf indonesia sejarah sehingga anda bisa menyimpannya di komputer pc anda atau di smartphone anda.
Ada banyak bagian sejarah Indonesia seperti sejarah indonesia kuno dan sejarah indonesia modern. Anda juga akan mendapatkan garis waktu sejarah Indonesia. Jangan lewatkan sejarah Indonesia sebelum kemerdekaan yang diberikan di bawah ini dalam artikel ini.

Sejarah Indonesia

sejarah Indonesia telah dibentuk oleh posisi geografis, sumber daya alam, serangkaian migrasi dan kontak manusia, peperangan dan penaklukan, serta oleh perdagangan, ekonomi dan politik. Indonesia adalah negara kepulauan dari 17.000 sampai 18.000 pulau (8.844 dinamai dan 922 dihuni secara permanen) yang membentang di sepanjang garis khatulistiwa di Asia Tenggara. Posisi strategis jalur laut negara memupuk perdagangan antar pulau dan perdagangan internasional; Perdagangan sejak semula berbentuk sejarah Indonesia. Kawasan Indonesia dihuni oleh orang-orang dari berbagai migrasi, menciptakan keragaman budaya, etnis, dan bahasa. Bentuk lahan dan iklim nusantara secara signifikan mempengaruhi pertanian dan perdagangan, dan pembentukan negara bagian. Batas-batas negara bagian Indonesia mewakili perbatasan abad ke-20 Hindia Belanda.
Sejarah Indonesia merdeka kuno rangkuman, gambar peta, sebelum merdeka
Sejarah Indonesia merdeka kuno rangkuman, gambar peta, sebelum merdeka

Fosil Homo erectus yang telah fosil dan alatnya, yang dikenal sebagai "Manusia Jawa", menyatakan bahwa kepulauan Indonesia dihuni setidaknya 1,5 juta tahun yang lalu. Orang Austronesia, yang merupakan mayoritas penduduk modern, diperkirakan berasal dari Taiwan dan tiba di Indonesia sekitar tahun 2000 SM. Dari abad ke 7 Masehi, kerajaan angkatan laut Sriwijaya yang kuat berkembang membawa pengaruh Hindu dan Budha dengannya. Borneo Sailendra dan dinasti Mataram Hindu kemudian berkembang dan menurun di pedalaman Jawa. Kerajaan non-Muslim penting terakhir, kerajaan Majapahit Hindu, berkembang dari akhir abad ke-13, dan pengaruhnya membentang di sebagian besar wilayah Indonesia. Bukti awal populasi Islam di Indonesia berasal dari abad ke 13 di Sumatera bagian utara; daerah Indonesia lainnya berangsur-angsur mengadopsi Islam yang menjadi agama dominan di Jawa dan Sumatera pada akhir abad ke-16. Untuk sebagian besar, Islam dilapis dan dicampur dengan pengaruh budaya dan agama yang ada.

Rangkuman Sejarah Indonesia

Orang Eropa seperti Portugis tiba di Indonesia dari abad ke-16 berusaha memonopoli sumber pala, cengkeh, dan lada di Maluku yang berharga. Pada tahun 1602, Belanda mendirikan Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) dan menjadi penguasa Eropa yang dominan pada tahun 1610. Setelah kebangkrutan, VOC secara resmi dibubarkan pada tahun 1800, dan pemerintah Belanda mendirikan Hindia Belanda di bawah kendali pemerintah. Pada awal abad 20, dominasi Belanda meluas ke batas saat ini. Invasi Jepang dan pendudukan berikutnya pada tahun 1942-45 selama Perang Dunia II mengakhiri pemerintahan Belanda, dan mendorong gerakan kemerdekaan Indonesia yang sebelumnya tertindas. Dua hari setelah penyerahan Jepang pada Agustus 1945, pemimpin nasionalis, Soekarno, mendeklarasikan kemerdekaan dan menjadi presiden. Belanda mencoba untuk membangun kembali peraturannya, namun sebuah perjuangan bersenjata dan diplomatik yang pahit berakhir pada bulan Desember 1949, ketika menghadapi tekanan internasional, Belanda secara formal mengakui kemerdekaan Indonesia.
Rangkuman Sejarah Indonesia
Rangkuman Sejarah Indonesia

Sebuah percobaan kudeta pada tahun 1965 menyebabkan pembersihan anti-komunis yang dipimpin militer yang keras di mana lebih dari setengah juta orang terbunuh. Jenderal Suharto secara politik mengungguli Presiden Sukarno, dan menjadi presiden pada bulan Maret 1968. Pemerintahan Orde Barunya mengumpulkan bantuan dari Barat yang investasi di Indonesia merupakan faktor utama dalam tiga dekade berikutnya pertumbuhan ekonomi yang substansial. Namun, pada akhir 1990-an, Indonesia adalah negara yang paling terpukul oleh Krisis Keuangan Asia Timur yang menyebabkan terjadinya demonstrasi rakyat dan pengunduran diri Suharto pada tanggal 21 Mei 1998. Era Reformasi setelah Soeharto mengundurkan diri, telah menghasilkan penguatan proses demokrasi, termasuk sebuah program otonomi daerah, pemisahan Timor Timur, dan pemilihan presiden langsung pertama di tahun 2004. Ketidakstabilan politik dan ekonomi, kerusuhan sosial, korupsi, bencana alam, dan terorisme telah memperlambat kemajuan. Meskipun hubungan antara kelompok agama dan etnis yang berbeda sebagian besar harmonis, ketidakpuasan sektarian akut dan kekerasan tetap menjadi masalah di beberapa daerah.

Sejarah Indonesia Kuno

Orang pertama di Indonesia tiba sekitar 40.000 tahun yang lalu ketika permukaan laut lebih rendah dan bergabung ke Asia melalui jembatan darat. Kemudian pada akhir zaman es terakhir sekitar 10.000 SM gelombang baru orang datang. Awalnya mereka berburu binatang, mengumpulkan kerang dan mengumpulkan tanaman untuk makanan. Sekitar 2.500 SM mereka belajar menanam tanaman seperti talas, pisang, millet dan nasi. Petani awal juga membuat gerabah tapi semua alatnya terbuat dari batu.
Namun pada 700 SM orang Indonesia belajar membuat perunggu dan besi. Selanjutnya pada saat itu budidaya padi basah sudah mulai diperkenalkan. Desa-desa di Indonesia terpaksa bekerja sama untuk mengatur pasokan air ke ladang mereka. Pada waktu kerajaan terorganisir muncul.

Dari sekitar 400 SM orang Indonesia berdagang dengan negara lain seperti China dan India. Hinduisme dan Buddhisme juga diperkenalkan ke Indonesia dan mereka mengambil rute.
Sejarah Indonesia Kuno
Sejarah Indonesia Kuno

Pada abad ke 8 Masehi peradaban Indonesia berkembang. Di antara kerajaan itu ada kerajaan Hindu di Jawa Tengah yang disebut Sailandra. Ada juga kerajaan Budha besar Sriwijaya di Sumatera selatan. Dari abad ke-7 sampai abad ke-13 Sriwijaya makmur dan menjadi kerajaan maritim yang menguasai Jawa bagian barat dan bagian dari Semenanjung Melayu. Itu juga merupakan pusat pembelajaran Buddhis.

Namun pada abad ke-13 Kekaisaran Sriwijaya bubar ke negara bagian yang terpisah. Sementara itu Islam dibawa ke Indonesia oleh pedagang India. Ini pertama kali mendapat toehold di Aceh di Sumatera Utara dan pada abad-abad berikutnya menyebar ke seluruh wilayah Indonesia lainnya.

Namun pada abad ke-13 dan ke-14 sebuah kerajaan Hindu berkembang. Itu disebut Kekaisaran Majapahit. Didirikan pada 1292 dan segera bangkit mendominasi sebagian besar wilayah Indonesia. Namun pada awal abad ke 15 Kekaisaran Majapahit mengalami kemunduran yang cepat.

Sejarah Indonesia Modern

Awalnya Indonesia merdeka adalah demokrasi parlementer. Namun pada bulan Februari 1957 Presiden Soekarno memperkenalkan sistem politik baru, yang disebutnya 'Demokrasi Terpimpin'. Kekuatan parlemen berkurang dan kekuatannya sendiri meningkat pesat. Lawannya membentuk 'parlemen' terpisah yang disebut PRRC (Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia). Namun tentara tetap setia kepada Soekarno dan dia tetap berkuasa.

Sementara pada bulan Oktober 1957 tentara mengambil alih sisa perusahaan Belanda di Indonesia. Akibatnya tentara tumbuh kaya raya. Kemudian pada awal 1960an ekonomi goyah. Ada inflasi yang sangat cepat.
Pada bulan September 1965 Komunis mencoba kudeta di Indonesia. Mereka membunuh sejumlah jenderal. Mereka juga merebut poin strategis di Jakarta. Namun Jenderal Suharto segera mengambil tindakan. Kudeta itu hancur. Suharto diberi kekuasaan oleh Presiden Soekarno untuk memulihkan ketertiban. Setelah kudeta Soeharto menangkap dan mengeksekusi sejumlah besar komunis.

Namun Sukarno kehilangan dukungan dan pada tanggal 11 Maret 1966 dia menandatangani kekuasaan presiden untuk Soeharto. Dari tahun 1966 Soeharto memerintah sebagai seorang diktator (walaupun ada pemilihan yang diadakan setiap lima tahun demokrasi adalah fasad). Namun Soeharto membawa stabilitas dan di bawahnya ekonomi Indonesia pulih.

Dari tahun 1960-an cadangan minyak di Indonesia dieksploitasi. Setelah tahun 1973 orang Indonesia mendapatkan keuntungan dari tingginya harga minyak. Pertanian juga menjadi jauh lebih produktif. Namun banyak orang Indonesia tetap miskin dan pada tahun 1997 Indonesia dilanda krisis keuangan. Akibatnya ekonomi dikontrak. Indonesia dilanda kerusuhan dan Soeharto mengundurkan diri pada Mei 1998. Demokrasi kembali ke Indonesia dengan pemilihan, yang diadakan pada tahun 1999.

Pada awal abad ke-21 ekonomi Indonesia mulai pulih. Saat ini ekonomi Indonesia terus berkembang. Saat ini populasi Indonesia adalah 258 juta.

Sejarah Indonesia Merdeka

Merdeka adalah sebuah kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Melayu yang berarti independen atau gratis. Ini berasal dari bahasa Sansekerta maharddhika yang berarti "kaya, sejahtera dan berkuasa". Di kepulauan Melayu, istilah ini telah mendapatkan makna seorang budak yang dibebaskan.
Istilah Mardijker adalah korupsi Belanda dari versi Portugis dari kata-kata sanskrit asli dan digunakan untuk menunjuk mantan budak Portugis dan Belanda dari India di Hindia Timur, yang dikenal sebagai Mardijker, asal Melayu yang berarti "bebas (dom)" berasal . Mardijker adalah mantan budak Katolik yang dibawa dari India dan Hindia Timur yang dibebaskan oleh Belanda jika mereka meninggalkan agama Katolik dan memeluk Gereja Reformasi Belanda.
Sejarah Indonesia Merdeka
Sejarah Indonesia Merdeka

Istilah ini penting selama gerakan antikolonialis dan pro-kemerdekaan koloni Indonesia, Malaya, dan Singapura, dalam sejarah Indonesia, sejarah Malaysia, dan sejarah Singapura. Ini menjadi seruan bagi mereka yang menuntut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Belanda dan Inggris. Di pulau Mindanao, Filipina selatan, orang-orang Moro yang tergabung dalam kelompok etno-linguistik utama Meranaw, Maguindanaw dan Iranun, menggunakan maradeka dalam arti yang sama dengan kebebasan atau kebebasan dan kelompok kebebasan yang disebut Maradeka.

Istilah Tagalog maharlika memiliki asal bahasa Sanskerta yang sama dengan Melayu merdeka dan berarti freeman, libertos atau Freedman dalam masyarakat Filipina klasik.

Sejarah Indonesia sebelum kemerdekaan

Dimulai pada abad ke-16, gelombang Eropa yang berurutan-Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris-berusaha mendominasi perdagangan rempah-rempah di sumbernya di India dan 'Kepulauan Rempah-Rempah' (Maluku) di Indonesia. Ini berarti menemukan jalan ke Asia untuk memotong pedagang Muslim yang, dengan outlet Venesia mereka di Mediterania, memonopoli impor rempah-rempah ke Eropa. Harga astronomi pada saat itu, rempah-rempah sangat didambakan tidak hanya untuk melestarikan dan membuat daging yang kurang enak diawetkan, tapi juga sebagai obat-obatan dan ramuan ajaib.

Kedatangan orang Eropa di Asia Tenggara sering dianggap sebagai titik balik dalam sejarahnya. Para ilmuwan lain menganggap pandangan ini tidak dapat dipertahankan, dengan alasan bahwa pengaruh Eropa pada masa pendatang awal abad 16 dan 17 terbatas di wilayah dan kedalaman. Hal ini sebagian karena Eropa bukan daerah paling maju atau dinamis di dunia pada awal abad ke-15. Sebaliknya, kekuatan ekspansionis utama saat ini adalah Islam; Pada tahun 1453, misalnya, orang Turki Ottoman menaklukkan Konstantinopel, sementara Islam terus menyebar melalui Indonesia dan Filipina. Pengaruh Eropa, terutama bahwa Belanda, tidak akan memiliki dampak terbesarnya terhadap Indonesia sampai abad ke-18 dan 19.

Timeline Indonesia

c. 2.500 SM Orang-orang di Indonesia belajar untuk bertani. Mereka menanam talas, pisang, millet dan nasi

c. 700 BC Perunggu dan besi pertama kali digunakan di Indonesia

400 SM Perdagangan orang Indonesia dengan China dan India

Peradaban abad ke 8 di Indonesia berkembang pesat. Kerajaan Sriwijaya ada di Sumatera selatan. Kerajaan Sailandra ada di Jawa Tengah.

Abad ke-13 Kekaisaran Sriwijaya pecah

1292 Kekaisaran Majapahit didirikan

Abad ke-15 Awal Kekaisaran Majapahit mengalami kemunduran yang cepat

1511 Orang Portugis menangkap Melaka

1602 Perusahaan Hindia Timur Belanda didirikan

1619 Orang Belanda merebut Batavia

1641 Belanda mengambil Melaka

1799 Pemerintah Belanda mengambil alih wilayah Perusahaan Hindia Timur Belanda

1825 Perang Jawa dimulai. Belanda membawa Pelambang di Sumatera.

1830 Belanda memenangkan perang jawa

1894 Orang Belanda menangkap Lombok

1905 Belanda menangkap Sulawesi

1906 Belanda menaklukkan Bali

1942 Orang Jepang menyerang Indonesia

1945 Agustus Sukarno menyatakan kemerdekaan Indonesia tapi perjuangan Belanda untuk menaklukkan Indonesia

1946 Belanda mengenali republik baru tapi hanya di Jawa dan Sumatra. Mereka masih mengklaim wilayah Indonesia lainnya.

1947-48 Pertarungan berlanjut

1949 Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia

1957 Presiden Sukarno memperkenalkan 'Demokrasi Terpimpin'

1965 Komunis mencoba kudeta di Indonesia. Ini hancur.

1966 Soeharto menjadi diktator Indonesia

1973 Indonesia mendapatkan keuntungan dari tingginya harga minyak

1997 Indonesia menderita krisis keuangan

1998 Soeharto mengundurkan diri

1999 Pemilu diadakan

2004 Susilo Bambang Yudho terpilih sebagai presiden Indonesia





0 comments:

Posting Komentar